Perayaan Imlek di Indonesia

Perayaan Imlek di Indonesia
Pemecahan Rekor Lampion Terbesar yang Terdapat di Singkawang
Perayaan Imlek di Indonesia tak kalah meriahnya dengan negara lain terutama negara tetangga kita,Malaysia.Perayaan paling meriah akan ada di daerah yang banyak terdapat kaum Tionghoanya,seperti Kota Singkawang,Kalimantan Barat yang telah banyak memecahkan rekor MURI yang sangat hebat dan spektakuler.

Perlengkapan imlek yang banyak dijual di Toko-Toko

Imlek tak hanya dirayakan sebagai kebudayaan Tiongkok,namun juga dapat dinamakan perayaan agama Budha,Kong Hu Cu,perayaan budaya di Asia Timur,dll.Imlek diadakan sampai hari ke-15.Hari ke-15 disebut sebagai Cap Go Meh.Cap berarti Sepuluh,Go berarti Lima,dan Meh berarti malam.Jadi,Cap Go Meh adalah hari kelima belas dari bulan pertama.Di beberapa daerah,Cap Go Meh merupakan Festival Lampion dan ada pula yang mengartikan bahwa Cap Go Meh adalah Hari Valentine Tionghoa.

Perayaan Cap Go Meh di Singkawang
Imlek pada hari pertama biasanya diadakan makan besar antara keluarga besar.Makanan Tiongkok asli banyak disuguhkan.Dan biasanya makanan yang paling digemari orang Tionghoa bahkan orang bukan Tionghoa sukai seperti :
  1. Mie 
  2. Kue Lapis Legit 
  3. Kue Mangkok,Kue Maho,dan Kue Keranjang 
  4. Manisan kolang-kaling 
  5. Agar-Agar 
  6. Camilan seperti Kuaci,Kacang,dan Permen 
  7. Ayam atau Bebek
  8. Ikan
  9. Jeruk Mandarin 
  10. Lobak atau Cai Tou
  11. Tiram 
Eits....Ada yang lupa gak ? Buah selain jeruk yang digemari masyarakat,nama buahnya dari nama hewan...Hewan khayalan.....Pengen tahu... Click di sini
Wow.....Enak tuh :-D
良好 ....moga Imlek 19 Februari 2015

Semoga Imlek 19 Februari 2015 




Lebih seru dan unik....




























Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pepatah Kuno Tiongkok

Tentang Negara-Negara di Asia Timur